PENINGKATAN KETERAMPILAN DEMONSTRASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MELALUI METODE MODELING THE WAY SISWA KELAS VI SD NEGERI OESAPA KECIL 2

Authors

  • Sarah Salukhfeto Guru pada SD Negeri Oesapa Kecil 2

Keywords:

Keterampilan Demonstrasi, , Metode Modelling the Way

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah meningkatkan Keterampilan Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Aganma Kristen Melalui Metode Modeling the Way Siswa Kelas VI SD Negeri Oesapa Kecil 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil wawancara diperoleh data bahwa hampir 80% tidak dapat mendemonstrasikan materi pembelajaran. Kondisi ini disebabkan model pembelajaran dengan metode ceramah dan drill soal dari LKS. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Aganma Kristen melalui metode Modeling the Way. Pemilihan metode Modeling the Way karena metode ini dianggap cocok dan sesuai dengan karakteristik siswa yang rata-rata memiliki gaya belajar kinestetik. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Sasarannya siswa Kelas VI SD Negeri Oesapa Kecil 2. Instrumen yang digunakan yaitu non tes dan tes. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa keterampilan demonstrasi materi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Sebanyak 64% siswa memiliki kemampuan mendemonstrasikan materi pada siklus I dan 87% siswa memiliki kemampuan mendemonstrasikan materi pada siklus II. Dengan demikian, penerapan metode Modeling the Way dianggap mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam mendemonstrasikan materi luqatha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aip, B. 2010. Cara Mudah Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Mata Pelajaran. Jakarta: Trans Info Media.

Anas. S, 2001. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press.

Arianto. 1994. Pendidikan Pancasila dan Kewargaan Negara. Jakarta: Depdikbud. Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesioanlisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Nasution. 1996. Metode Belajar Dan Kesuitan Belajar Edisi 2. Bandung: Tarsito

Nutriana, Anggerina. 2004. Ma, Belajar Yuk. Jakarta: Kawan Pustaka.

Purwanto. 1994. Psikologi Pendidikan, Edisi 3. Bandung: Remaja Rosda Karya

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru - Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.

Sadiman, A. S., Raharjo., Anung H., dan Rahardjito. 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slamento. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Suhana, C. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. PT. Refika Aditama: Bandung.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajran. Yogyakarta: Pedagogia.

Taniredja, T. H., Faridli, Harmianto. 2013. Model-Model Pembelajaran Inovatif & Efektif. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-03-01

How to Cite

Salukhfeto, S. (2024). PENINGKATAN KETERAMPILAN DEMONSTRASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MELALUI METODE MODELING THE WAY SISWA KELAS VI SD NEGERI OESAPA KECIL 2. Jurnal Kolaborasi, 5(5), 410–415. Retrieved from https://jurnalkolaborasi.com/index.php/jkb/article/view/30