PENERAPAN STRATEGI PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MENYUSUN TEKS DESKRIPTIF BERBAHASA INGGRIS BAGI SISWA KELAS XI SMKN OELET

Authors

  • Agustinus Seo SMK Negeri Oelet

Keywords:

Menulis Berbahasa Inggris, Teks Deskriptif, Picture Word Inductive Model

Abstract

Tulisan ini menyajikan hasil penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran menulis berbahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri Oelet semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 dalam pembelajaran menulis berbahasa Inggris, terutama dalam mendeskripsikan benda, orang atau tempat tertentu melalui strategi pembelajaran Picture Word Inductive Model. Subyek penelitian adalah 25 siswa kelas XI SMK Negeri Oelet semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Selama seluruh siklus, siswa bekerja dalam kelompok berempat. Pada siklus pertama siswa mendeskripsikan benda tertentu dengan strategi penggunaan Picture Word Inductive Model (PWIM), sementara pada siklus ke dua siswa mendeskripsikan orang tertentu dengan prosedur seperti dalam silus 1. Pada siklus ke tiga, siswa mendeskripsikan tempat tertentu tanpa menggunakan strategi PWIM. Pengumpulan data dilaksanakan bersamaan dengan pengamatan selama tindakan, sementara analisis data dilaksanakan bersamaan pada saat refleksi tindakan. Dari hasil analisis/refleksi bisa diketahui apakah tindakan akan dihentikan (apabila telah mencapai target) atau dilanjutkan untuk mencapai target. Penelitian dengan menggunakan analisis data berupa triangulasi metode, menunjukkan hasil bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri Oelet semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 dalam mengiktui pembelajaran menulis berbahasa Inggris ketika menggunakan strategi PWIM. Dari keadaan semula hanya (23,68%) yang bisa mendiskripsikan benda/orang/tempat tertentu, pada tindakan siklus pertama ada (39,47%) yang bisa mendiskripsikan benda tertentu dengan lebih benar. Pada siklus ke dua sebanyak (65,79%) bisa mendiskripsikan orang tertentu dengan lebih benar. Pada siklus ke tiga kembali terjadi penurunan hasil belajar siswa. Hanya (52,63%) bisa mendiskripsikan tempat tertentu dengan lebih benar. Bisa disimpulkan bahwa PWIM signifikan guna meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis berbahasa Inggris terutama dalam mendiskripsikan benda/orang/tempat tertentu bagi kelas XI SMK Negeri Oelet semester ganjil tahun ajaran 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Carr, W. & Kemmis, S. (1986) Becoming Critical: education, knowledge and action research. Lewes: Falmer.

Cohen, L. Manion, L & Morrison, K (2000) Research Methods in Education (5th edition). London: Routledge Falmer.

Corey, S. (1953) Action Research to Improve School Practices. New York: Columbia University, Teachers College Press.

Denzin & Y. Lincoln (Eds.) Handbook of Qualitative Research 2nd Development. In M. Huberman, & J. M. Backus (Eds.), Advances in Development. London: Heinemann.

Dep.dik.nas, (2003) Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas. Jakarta.

Ebbutt, D. (1985) Educational Action research: some general concerns and specific quibbles, in: Burgess, R. (ed.) Issues in Educational Research: qualitative methods. Lewes: Falmer.

Elliott, J. (1981) Action research: a framework for self-evaluation in schools. TIQL working paper no.1. Cambridge: Cambridge Institute of Education.

_________ (1991) Action Research for Educational Change. Buckingham: Open University Press.

Fischer, J. (2001). Action Research Rationale and Planning: Developing a Framework for Teacher Inquiry. In G. Burnaford, J. Fischer & D.

Fueyo, V. & Koorland, M. A. (1997). Teacher as researcher: A synonym for professionalism. Journal of Teacher Education, 48(5), 336-338.

Gibson, R. (1985) Critical times for action research. Cambridge Journal of Education, 15 (1): 59-64.

Hammond, J, et. al. (1992). English for Social Purposes: a Handbook for teachers of Adult Literacy. Sydney: NCELTER.

Harmer, J. 1998. How to Teach English. England: Longman.

Hollingsworth, S. (ed.) (1997) International Action Research: a casebook for educational reform. London: Falmer.

Hollingsworth, S., Noffke, S.E., Walker, M. & Winter, R. (1997) Epilogue: What have we learned from these case on action research and

educational reform? in: Hollingsworth, S. (ed.) International Action Research: a casebook for educational reform. London: Falmer.

Hopkins, D. (1993) A Teacher’s Guide to Classroom Research, 2nd edition. Milton Keynes: Open University Press.

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Seo, A. (2023). PENERAPAN STRATEGI PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MENYUSUN TEKS DESKRIPTIF BERBAHASA INGGRIS BAGI SISWA KELAS XI SMKN OELET. Jurnal Kolaborasi, 1(1), 1–8. Retrieved from https://jurnalkolaborasi.com/index.php/jkb/article/view/2

Issue

Section

Articles