IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 2 ATAMBUA

Authors

  • Petrus Ly Nusa Cendana University

Keywords:

Jigsaw, motivasi, prestasi

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, siswa dibagi dalam kelompok asal kemudian berkumpul dalam kelompok ahli untuk bekerja sama mendiskusikan submateri yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Atambua melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Atambua. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dalam dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat rencana tindakan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi dan angket. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitatif dengan persentase yang dilakukan dengan menghitung skor Motivasi Belajar IPS, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw dapat meningkatkan Motivasi Belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Atambua yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor Motivasi Belajar IPS dari sebelum Implementasi Teknik Jigsaw sebesar 72,71% meningkat sebesar 3,12% menjadi 75,83% di siklus 1. Peningkatan juga terjadi pada siklus I ke siklus II yaitu sebesar 6,05% atau dari 75,83% pada siklus I menjadi 81,88% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, Richard I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Made Wena. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Miftahul Huda. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mustaqim. (2008). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rochiati Wiriaatmadja. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelasuntuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Rosdakarya.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sardiman A.M. (2009). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Wina Sanjaya. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2023-10-13

How to Cite

Ly, P. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 2 ATAMBUA. Jurnal Kolaborasi, 4(3). Retrieved from https://jurnalkolaborasi.com/index.php/jkb/article/view/15