MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PPKn MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS VI SDK LOONEKE

Authors

  • Fredrik Kolo Nusa Cendana University

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, proses

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PPKnmelalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kelas VI SDK Looneke Kabupaten Malaka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDK Looneke Semester ganjil Tahun akademik 2022/2023. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan pada tiap siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran PPKndapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDK Looneke. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata kelas hasil belajar pengetahuan siswa sebesar 74,73 dan pada siklus II meningkat menjadi 79,64. Hasil belajar ketrampilan siswa pada siklus I sebesar 80,30 meningkat pada siklus II menjadi 84,44. Model PBL juga dapat meningkatkan keaktifan siswa, pada siklus I rata-rata persentase keaktifan belajar siswa yaitu 67,59% . Pada siklus II rata-rata persentase keaktifan belajar siswa yaitu 78,30%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto & Mulyoraharjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Martinis Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nana Sudjana. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Warsono & Hariyanto. (2012) Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wina Sanjaya. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prena Media.

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Kolo, F. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PPKn MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS VI SDK LOONEKE. Jurnal Kolaborasi, 4(3). Retrieved from https://jurnalkolaborasi.com/index.php/jkb/article/view/12